Indonesian Most Influential Persons 2010 – Readers Favorite


Menutup akhir tahun dengan daftar Best, Most, Worst of The Year sering dilakukan media. Terinspirasi dengan yang dilakukan TIME, maka saya sempat mengundang rekan-rekan pembaca blog ini untuk berpartisipasi dalam memilih Orang Indonesia Paling Berpengaruh di tahun 2010. Di hari terakhir tahun 2010 ini hasil voting pembaca telah didapatkan dan dihitung.

Sebagaimana blog saya sebelumnya, ada 6 kategori dalam pemilihan ini yaitu:

1. Politisi / Pejabat Publik

2. Seniman / Budayawan (selebritis boleh masuk kategori ini)

3. Aktivis (LSM, non-LSM dll)

4. Olahragawan

5. Orang Biasa (di luar 4 kategori tersebut)

6. Akun twitter

Ada 50 komentar pembaca yang masuk di sini walaupun tidak semuanya mengisi untuk setiap kategori. Setiap usulan nama di setiap kategori akan saya hitung sebagai satu suara. Apabila ada dua nama dalam satu kategori maka saya ambil nama yang pertama. Nama yang diusulkan akan terdiskualifikasi bila: bukan warga negara Indonesia dan bukan tokoh yang hidup di tahun 2010 (contohnya Munir). Di luar itu semua suara akan diperhitungkan, siapapun nama yang diusulkan.

Berikut hasil perhitungan dari voting pembaca, Indonesian Most Influential Persons 2010 adalah:

1. Politisi / Pejabat Publik

Dari 45 suara yang masuk untuk kategori ini, yang mendapat suara terbanyak (15) adalah Sri Mulyani Indrawati. Menyusul di tempat kedua dan seterusnya adalah Tifatul Sembiring (7), Susilo Bambang Yudhoyono (6) dan Aburizal Bakrie (4). Hasil ini sedikit di luar dugaan saya, berhubung mantan Menteri Keuangan ini justru sedang tidak berada di Indonesia dan bahwa masih lebih banyak yang memilih SBY dibanding Aburizal Bakrie (mengingat kondisi politik saat ini).

Jadi Sri Mulyani Indrawati terpilih sebagai Tokoh Politik / Pejabat Publik Indonesia Paling Berpengaruh Tahun 2010.

2. Seniman / Budayawan

Dari 44 suara yang masuk, kombinasi Ariel dan Luna Maya mendominasi pilihan pembaca, 19 suara dengan perincian 13 suara untuk Ariel, 2 suara untuk Luna Maya dan 4 suara untuk keduanya. Menyusul dengan jumlah suara yang cukup jauh adalah Pandji Pragiwaksono (4) dan Iwan Fals, Goenawan Mohamad, Joko Anwar, masing-masing dengan 2 suara.

Kasus seputar beredarnya video yang melibatkan dua tokoh yang “mirip” Ariel-Luna Maya dan diprosesnya Ariel secara hukum ternyata menyorot banyak perhatian publik dan pembaca blog ini memilih Nazril Irham (Ariel) sebagai Seniman Indonesia Paling Berpengaruh Tahun 2010.

3. Aktivis

Untuk kategori aktivis, jumlah suara yang masuk lebih sedikit, 31 suara. Terpilih dengan suara terbanyak adalah Febridiansyah dengan 6 suara, disusul oleh Habib Rizieq (FPI) dan Fadjroel Rachman dengan 5 suara. Aktivis ICW, Febridiansyah dipilih pembaca sebagai Aktivis Indonesia Paling Berpengaruh Tahun 2010.

4. Olahragawan

Sebanyak 42 suara masuk untuk kategori olahragawan. Memimpin dengan 14 suara adalah Irfan Bachdim. Di bawahnya Chris John dan Bambang Pamungkas masing-masing dengan 8 suara dan tim Perahu Naga yang berhasil mendapatkan emas Asian Games dengan 6 suara. Irfan Bachdim, pemain sepakbola kelahiran Belanda yang memiliki darah Indonesia ini hangat menjadi pembicaraan masyarakat pencinta sepakbola maupun pencinta infotainment. Wajahnya yang ganteng dan permainan bolanya yang memukau di timnas memberinya tempat di hati pembaca sebagai Olahragawan Indonesia Paling Berpengaruh Tahun 2010.

5. Orang Biasa

Untuk kategori orang biasa ini, 39 suara masuk dengan tempat teratas diisi oleh Gayus Tambunan (11 suara). Menyusul ketat adalah Mbah Maridjan dengan 10 suara. Penulis blog ini juga mendapatkan 4 suara dari teman-teman yang tampaknya senang membaca blog ini, terima kasih saya ucapkan🙂. Jadi pegawai pajak paling kontroversial tahun ini dipilih pembaca sebagai Orang Biasa Indonesia Paling Berpengaruh Tahun 2010. Walaupun rasanya dengan kekayaan yang “dihimpunnya” secara luar biasa dan diseretnya para penegak hukum dalam kasusnya itu, tidak membuatnya menjadi orang biasa lagi.

6. Akun Twitter

Kategori favorit saya ini mendapatkan 44 suara yang masuk, dan suaranya tersebar cukup merata, tidak ada akun yang terlalu menonjol. Berada di urutan teratas adalah @hotradero, sang ensiklopedia berjalan (6 suara), @MuhammadAssad, penulis @NotesFromQatar (5 suara), @gm_gm, @ulil dan @wimar dengan 4 suara. @hotradero yang sering sekali berbagi pengetahuannya yang segudang dalam bentuk kultwit atau twit-series kepada followernya di twitter dianggap pembaca blog ini sebagai Akun Twitter Indonesia Yang Paling Berpengaruh Tahun 2010.

Dari keseluruhan kategori ini, bila kita urutkan para pemenang dari setiap kategori berdasarkan suara terbanyak akan terbentuk daftar Indonesian Most Influential Persons 2010 -Readers Favorite sebagai berikut:

1. Sri Mulyani Indrawati (15)

2. Irfan Bachdim (14)

3. Ariel (13)

4. Gayus Tambunan (11)

5. Febridiansyah (6)

6. @hotradero (6)

Hasil pilihan pembaca telah diumumkan, pilihan yang bermutu menurut saya. Saya juga memiliki pilihan subjektif sendiri yang akan saya tulis di blog berikutnya sebagai penutup akhir tahun 2010. Terima kasih atas partisipasi semua rekan-rekan yang telah menyumbangkan suaranya. What a great list that we have here.🙂

One thought on “Indonesian Most Influential Persons 2010 – Readers Favorite

  1. Pingback: Catatan Akhir Tahun 2010 -siapa yang paling berpengaruh? « no action blog only

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s